Connect with us
no

Alor

Kepa: La P’tite

Published

on


11 September 2021


Oleh: Dera Liar Alam


NUHAKEPA

Ada tiga nelayan, duduk di tepi, menanti tumpangan. Mereka membawa galon air, ubi dalam karung, tas anyaman, dayung, sirih, pinang, tembakau.

Hari siang, terang-benderang. Kami membincang La P’tite.

Beta, menera sajak: cinta jauh di seberang.

#Trip #1607 #AlorBaratLaut

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alor

Senyum Takpala

Published

on

By


26 September 2021


Oleh: Dera Liar Alam


DUDUK di Liktaha, kami berdiskusi mezbah di Takpala, 11 Maret 2021. Kalung, gelang, cincin, ada di rak pajangan dari kayu, di batu. Anak-anak bermain, menunggu pendatang, senyum mereka rela. (*)

Continue Reading

Alor

Surga di Marica

Published

on

By


27 Agustus 2021


Oleh: Dera Liar Alam


DI SURGA ada sisi gelap kelam mesum yang selalu disembunyikan juru kabar kerajaannya…
Di sini, surga kita sederhana: mendung, pulau-pulau, rimba, angin badai, gelombang menderas, gemericik air, langit biru, dan senyum kakumu yang bikin rindu, selalu…


Marica ada di Kecamatan Pantar Barat Laut. Sebagaimana data dari alorkab.go.id terletak di pesisir sebelah Barat Laut Pulau Pantar, kabuparen Alor, Nusa Tenggara Timur.

Kondisi geografis dengan letak yang umumnya berada di sepanjang pesisir, area berbukit terjal, dan agak curam. Curah hujan relatif sangat rendah dan tidak merata tiap tahun. Musim penghujan relatif pendek bila dibanding musim kemarau.

Berdasarkan data Badan Pertanahan Nasional, luas wilayah Pantar Barat Laut  adalah 150,13 km². Desa Kalondama Barat merupakan area terluas di sana, dengan cakupan luas 45,53 km² atau 30,33% dari luas kecamatan. Pulau Kangge, Pulau Rusa, Pulau Kambing, dan berapa pulau kecil lain, adalah bagian dari Pantar Barat Laut.

Sebagian penduduk bermata pencaharian di sektor pertanian dan nelayan. Secara administratif, Pantar Barat Laut mempunyai wilayah adminitratif yang terdiri dari tujuh desa, ada empat belas dusun, dua puluh delapan Rukun Wilayah (RW), lima puluh enam Rukun Tetangga (RT). Di sana ada Sembilan ratus sembilan puluh enam rumah tangga, dengan jumlah penduduk sebanyak 4.599 orang. Kepadatan penduduk tiga puluh satu orang per km². (*)


Continue Reading

Alor

C-19: Alor Kian Pulih

Published

on

By

02 Maret 2021


Data Penyebaran Nasional


Sumber Gambar: Satuan Tugas Penanganan COVID-19


Liputan: Tim Redaksi


Kalabahi — teropongalor.com SECARA Nasional, pasca-Covid-19, keadaan semakin membaik oleh upaya berbagai pihak. Pemerintah, dalam hal ini di ibukota negara, sebagaimana dipublikasikan Kementrian Kesehatan RI, saat ini sedang berlangsung vaksinasi Covid-19 Tahap Dua dengan prioritas sasaran Lansia ber-KTP DKI Jakarta. Sebagaimana diberitakan, lansia yang akan mendapatkan Vaksinasi Covid-19 dapat mengisi formulir pendaftaran melalui dki.kemkes.go.id. Setelah mendaftar para Lansia diharapkan dapat menunggu pesan notifikasi dari Puskesmas atau RSUD terkait lokasi dan penjadwalan vaksinasi, sebelum berkunjung ke fasilitas kesehatan untuk menghindari kerumunan.

Sumber Gambar: Satuan Tugas Penanganan COVID-19


Di Kabupaten Alor, Pemerintah terus melakukan upaya pencegahan dan ternyata berhasil. Data yang dihimpun Satuan Covid-19 hingga hari ini, Selasa, 02 Maret 2021, dari 107 yang terkonfirmasi Covid-19, sudah 92 orang dinyatakan sembuh. “Secara keseluruhan kita di Alor ada banyak kemajuan dalam penanganan Covid-19. Jadi, masih ada tersisa 7 orang melakukan isolasi mandiri, dan 2 orang dalam perawatan. Kami pemerintah tetap ketat menerapkan protokol kesehatan,” kata Sekda Alor, Drs. Soni O. Alelang, ketika ditemui tim redaksi teropongalor.com di ruang kerjanya.

Alelang, yang juga adalah Wakil Ketua Tiga – Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Alor, mengharapkan dalam waktu dekat Alor sudah terbebas dari pandemi. “Kami mengharapkan semua masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, dan Aparatur Sipil Negara kiranya menjadi garda depan dalam upaya bersama memutus rantai penyebaran virus.” (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 TeropongAlor.com