Connect with us
no

Berita

Larantuka Diguncang Gempa M7.4

Published

on


15 Desember 2021


“Orang-orang panik lari berhamburan, itu di Sikka,” kata Ani.


Oleh: Parangsula


TEROPONGALOR.COMMINGGUS punya cerita tersendiri tentang gempa di koordinat 7.59° lintang selatan dan 122,26° bujur timur, dengan pusat gempa bumi berada pada 112 kilometer arah barat laut Larantuka, Flores Timur, dengan kedalaman 12 kilometer. “Gempa NTT, bapa. Saya baca berita tidak ada tsunami. Tapi, orang-orang di kampung saya was-was, meski posisi kampung saya jauh. Masih ada satu malam pelayaran dengan kapal laut dari Larantuka ke Kalabahi,” tutur Minggus.

Tercatat menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bahwa ada 346 rumah rusak dan 770 warga mengungsi akibat gempa. “Selain tempat tinggal penduduk, gempa merusak tiga gedung sekolah, dua tempat ibadah, satu rumah jabatan kepala desa, dan satu pelabuhan. Menurut Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, daerah yang paling banyak melaporkan kerusakan bangunan adalah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Sebanyak 770 orang pengungsi dilaporkan BPBD Sikka, NTT. Rinciannya, 320 orang mengungsi di Kantor DPRD Sikka, 150 orang di Gedung SIC dan 330 lainnya berdiam di aula rumah jabatan Bupati Sikka.” Seperti itu diberitakan TEMPO, 15 Desember 2021.

Ani, perantau dari Maumere, bertutur kepanikan karena gempa. “Oom Tio, rumahnya di Larantuka, retak. Bagian belakang rumah dan dapurnya sudah turun ke bawah, untung saja dia dan keluarganya sudah pindah ke Kupang. Kemarin dia telepon, tanya jangan-jangan ada keluarga di Bonerate yang terkena dampak,” ujar Ani. “Biasanya, kalau pulang ke Maumere, kapal yang kami tumpangi mampir di Bonerate,” tambah Ani.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami di wilayah Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Kemarin, peringatan tsunami itu kemudian diakhiri, dan pengumumannya disampaikan BMKG lewat konferensi pers. Peringatan resmi dicabut pulul 13.24 WITA. Masyarakat kemudian beraktivitas seperti biasa. (*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Menggambar Wajahmu dengan Debu

Published

on

By


10 Januari 2022


Oleh: Arman Yuli Prasetya
Editor: Dera Liar Alam


Aku mengingatnya kembali, saat hujan ingin membangunkan dirimu, angin membuatmu tertidur, hujan itu, hanya dalam mimpiku, saat ini. Aku melihatmu pada daun-daun kering yang jatuh, waktu telah luluh, dan seberkas cahaya pagi yang aku simpan dalam sudut mataku.

Mungkin kau bisa mengenangnya, bila ingatanmu bukan lagi utuh tentang diriku, pesanmu. Pohon akasia yang kau pilih dengan paku, meninggalkan rindu, kau kerat pohon itu, menjadikannya perlambang perasaanmu. Dua burung gelatik mengintip dari ujung dahan, dan terbang dalam lamunan.

Dengan mengenangmu, kau temukan diriku sesuatu yang tak ingin kuberi arti, serupa pecahan waktu yang menyelinap pada ruas-ruas tubuhku, dan jalan angin yang lain menggambar wajahmu dengan debu, dingin, seperti awan kelabu yang ingin membuat langit biru, dibasuhnya debu itu dalam ragu. Disimpannya cahaya yang tak perlu.

Seperti dua arah yang bertemu, melewati batas perjalanan, tentang nilai yang rentan, kegamangan waktu juga ketentuan yang akan patah, akan tiba yang tidak pernah aku tunggu, hilang apa yang kucari, serta tujuan yang aku biarkan tanpa tuju, setelah itu biarlah aku tak pernah memilih apa-apa biar perlambang itu, aku baca dengan gumaman, yang menjadi tanda tanya untukmu. (*)

Continue Reading

Alor

FLOBAMORA dan Pemkab Lutim Bantu NTT

Published

on

By


25 November 2021


Oleh: Parangsula
Editor: Dera Liar Alam
Foto-foto: ‘Terima Kasih Bupati Luwu Timur’ – dari halaman Lomboan atas izin ybs.


Malam hitam, badai mengamuk, korban hanyut, mati, hilang. Lembata diterjang banjir bandang, desa-desa dilalui materi dari Gunung Lewotolo. Tenggelam rumah, jembatan penghubung Flores – Adonara putus, jembatan penghubung Kupang – Malaka, juga hancur.

Drs. Amon Djobo, Bupati Alor, mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemkab Luwu Timur (Lutim) dan Paguyuban FLOBAMORA bersama rombongan, yang telah memberi bantuan kemanusiaan atas bencana Seroja 2021.


TEROPONGALOR.COM BERKENDARA dari Mangkutana, Luwu Timur, sekeluarga Lomboan Djahamou lewati daerah bencana di Palopo, menuju Makassar, lalu terbang ke Kupang, lanjut ke Alor. Hari ini, Kamis, 25 November 2021, sebagaimana disampaikan, “Tanggung jawab bantuan kemanusiaan FLOBAMORA di NTT telah tersalurkan,” demikian petikan pernyataan, Ldj X-napi, nama beken Lomboan.

Sebagaimana pemberitaan di sejumlah media, Paguyuban FLOBAMORA di Luwu Timur bersama Pemerintah Luwu Timur telah memberi bantuan kepada warga NTT di Alor, Adonara, Lembata, dan Kupang yang terdampak Siklon Seroja, April 2021 silam.

Sabtu, 20 November 2021, bantuan untuk Alor diserahkan Nusawati Muler, atas nama Pemkab Luwu Timur, didampingi Petrus Muat, Ketua Paguyuban Flobamora, dan Lomboan Djahamou, Sekretaris Paguyuban Flobamora. Rombongan dan bantuan diterima di Rujab Bupati Alor, oleh Drs. Amon Djobo, Bupati Alor.

Petrus Muat menyampaikan yang mana Pemkab Luwu Timur dan Paguyuban FLOBAMORA turut prihatin dengan kondisi yang dialami masyarakat terdampak siklon Seroja di NTT. “Mohon maaf, bantuan ini agak terlambat karena kesibukan kami dan pemerintah, terutama kendala pandemi Covid-19. Memberi dari kekurangan kami, ini wujud cinta kasih kami kepada semua warga di tanah kelahiran kami,” urai Petrus Muat. Dia menyebut bahwa masyarakat NTT di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, karena bancana Seroja telah menggalang bantuan dari sejumlah pihak, dalam hal ini lewat pemerintah Luwu Timur, berikutnya dari perusahaan pertambangan PT. Citra Lumpia Mandiri. Total bantuan senilai Rp. 130 juta.

Obat-obatan, air minum, dan sejumlah paket bantuan sementara disalurkan pada masyarakat tertampak bencana di NTT.

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, saat konferensi pers, 05 April 2021, menyampaikan duka citanya atas nama masyarakat Indonesia. Presiden mengimbau institusi pemerintah untuk membantu memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan siklon Seroja.

Ketika bencana mengganas, sejumlah media internasional memberitakan, euronews, sicnoticias.pt, menyebut perkiraan jumlah korban dan akibat bencana. Disampaikan berapa sekolah di perbatasan Indonesia – Timor Leste dievakuasi prajurit TNI sebelum roboh. Polisi di Kefamenanu, dibantu TNI, mengevakuasi sebagian besar penduduk kota akibat banjir di daerah tersebut.

Mengutip Sky News, siklon Seroja merupakan bencana paling merusak yang pernah dialami negara itu selama 40 tahun terakhir. Seperti dituturkan Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Timor Leste. (*)

Continue Reading

Alor

Twilight Kampung Seberang

Published

on

By


2020


Oleh: Parangsula


ANAK-ANAK kampung seberang menendang debu, bola emas menggilas tubuh mereka di pematang.

Di sini, berulang-ulang mantera ditambang ditebang ditembangkan: cincin, giwang, kalung, dan gelang, orang-orang di rimba hilang. Teori bimbang, impor keyakinan sebilah sangkur berperang bulan sabit menghunus tandus.

Musim kemarau yang panjang menekur batang-batang jagung, cabe, ubi, pisang, siapa mengenang gerimis. Air menggenang, di sana di Maumere, di Flores, di Sumba, di Timor, di Alor, di Pantar, di Lapan, di Lembata, di Rote, di Sabu Raijua, di Adonara, di Solor, di Ende, di Komodo, di Palue, di ribu nusa lainnya.

Masih ingat nyanyimu, Atoni, Manggarai, Sumba, Solor, Ngada, Timor Leste, Rote, Lio, Alor, Sawu…

Dan di semacam rasa – merindu pulang, kita bersua kekasih dari abad lampau membibirkan dewi dewa haus lapar politik doa panjang-panjang jadi pedang jadi ruang jadi uang jadi perang janji hutang janji usang…

Senja tenggelam, kampung seberang…

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 TeropongAlor.com